|

Kepala Bappeda Sintang Buka Sosialisasi Perluasan Program KIAT Guru

Sosialiasai Program KIAT Guru
Sintang (Suara Sintang Raya) -Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah Kabupaten Sintang, Kartiyus mewakili Bupati Sintang membuka acara sosialisasi kabupaten perluasan program kinerja dan akuntabilitas (KIAT) Guru di Aula Dinas Kesehatan Sintang, Kamis (12/09/2019).

"Kita harus tetap semangat dalam proses pelaksanaan program ini agar pendidikan di daerah kita semakin maju. Kita sudah didukung dengan sistem yang bagus semoga pelaksanaannya dapat berjalan dengan baik dan lancar," katanya.

Ratusan peserta hadir pada kegiatan ini. Para peserta terdiri dari perwakilan desa perluasan serta perwakilan dari sekolah dan komite sekolah sasaran perluasan.

Adanya peningkatan kinerja dan dampak program pada fase sebelumnya menjadi landasan dilakukannya perluasan area untuk program KIAT ini.

Sintang merupakan kabupaten yang terbesar jumlah lokasi pengimplementasian program ini. Hal ini dibandingkan dengan 4 kabupaten lainnya yang menjadi pilot proyek dari program KIAT Guru. Pada fase kedua ini, seluruh kecamatan di kabupaten Sintang (14 kecamatan) sudah melakukan proses implementasi program ini. Pada fase pertama uji coba dilakukan pada 7  kecamatan saja.

Pada program ini, intervensi masyarakat melalui peran komite sekolah dan aparatur desa menjadi poin penting untuk mencapai kesuksesan pelaksanaannya. Program perluasan ini memberikan tantangan tersendiri, karna pelaksanaan implementasi program dilakukan secara mandiri oleh masyarakat setempat.

Program KIAT Guru merupakan program yang bertujuan untuk memberdayakan masyarakat agar berkontribusi kepada peningkatan kualitas pelayanan pendidikan dasar, yang diukur dari berkurangnya kemangkiran guru, meningkatkan kualitas layanan dan meningkatkan hasil belajar murid.

Kusmara selaku Ketua Tim Koordinasi Daerah KIAT Guru Kabupaten Sintang menyampaikan bahwa Pemda Sintang berkomitmen menambah 66 sekolah dasar untuk dimasukkan kedalam sekolah intervensi KIAT Guru Perluasan. Ada sekolah yang mendapatkan pendampingan da nada sekolah yang menjalankan program ini secara mandiri.

“Pelaksanaannya kita akan mulai dengan kegiatan sosialisasi program ketingkat desa,” kata Kusmara.

Kegiatan sosialisasi ini dilaksanakan bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada pesert tentang latar belakang, tujuan, landasan huku, dan tata kelola pelaksanan perluasan program serta melatih pemangku kepentingan desa untuk melaksanakn sosialiasi desa.

Kegiatan sosialisasi ini berlangsung selama 1  hari. Kegiatan disampaikan dalam 3 sesi, acara pembukaan, pemaparan dan simulasi dan sesi simulasi penyusunan rencanan kerja tindak lanjut di tingkat desa

Turut hadir pada kegiatan tersebut perwakilan program KIAT Guru pusat dan perwakilan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sintang serta sejumlah camat dan tokoh masyarakat Sintang. (Hms).

Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini