|

Warga Dayak Sepauk Gelar Gawai Adat

Gawai Dayak
Sintang (Suara Sintang Raya)- Guna melestarikan adat, budaya, dan  tradisi suku dayak yang sudah turun temurun dari nenek moyang pada jaman dahulu maka dari itu dilaksanakannya lah Gawai Adat Dayak Kecamatan Sepauk yang ke  I.

Dalam Gawai tersebut mengangkat tema "Dayak Maju, Dayak Bersatu, Dan Dayak Bermartabat".

Kegiatan bertempat di lapangan Sekolah SMA Negeri 01 Sepauk, Kecamatan Sepauk, Jumat, (09/08/19).

Gawai dilaksanakan selama tiga hari, yakni mulai dari Jumat (09/08/19), sampai dengan Minggu (11/08/19).

Hampir seratusan stand-stand memenuhi lapangan SMA, tempat dilaksanakannya gawai. Semua Desa yang ada di Kecamatan Sepauk pun wajib mendirikan stand. Hal tersebut dimaksudkan untuk memajang dan memperkenalkan  apa saja produk unggulan dari masing-masing  Desa.

Di Kecamatan Sepauk sendiri terdapat 40 desa yang tergabung didalamnya. Terdiri dari berbagai macam suku dan agama, namun semuanya tetap satu dan kompak.

Di Kecamatan Sepauk, kurang lebih ada 8 Sub Suku Dayak  yang saat ini mampu bersatu. Dengan dibuktikan  terlaksanakannya kegiatan Gawai Adat Dayak ke-I.

Tidak hanya suku dayak dan orang katolik/kristen saja namun Gawai juga dihadiri dari berbagai masyarakat yang berbeda agama serta suku. Namun tetap bersatu dan kompak untuk mendukung serta memeriahkan Gawai Dayak ke-1 Kecamatan Sepauk.

Dihadiri juga oleh Wakil Bupati Sintang Askiman, Camat Sepauk Cinghan,  Kapolsek Sepauk Suwaris,  Para anggota dewan terpilih Dapil Sepauk tempunak Agrianus, Asgustinus sekaligus ketua FPD, FPD (Fron Pembela Dayak), DAD (Dewan Adat Dayak), Danramil Pangalangok Jilah Pemimpin pasukan merah, Tariu Borneo Bangkule Rajank, Forkopincam,  POM, Para Kepala Desa, Kepala Sekolah SMA N 01 Sepauk, Masyarakat sekitar dan yang terkait lainnya.

Nurdin selaku ketua panitia Gawai dalam mengawali sambutannya mengucapkan Puji Syukur Kepada Tuhan karna bisa terselenggaranya kegiatan, serta ia juga mengucapkan Selamat hari Gawai Adat Dayak Kecamatan Sepauk yang ke-I.

"Gawai adalah suatu adat, tradisi, dan budaya yang turun-temurun dari jaman dahulu sudah dilaksanakan. Tujuannya ialah untuk bersyukur atas hasil panen serta untuk menjaga dan melestarikan adat, istiadat dan budaya khususnya Suku Dayak", kata Nurdin.

Tidak lupa juga ketua Panitia Nurdin, mengucapkan Terimakasih kepada Wakil Bupati Sintang yang telah bersedia hadir. Berterimakasih kepada Para pemberi sumbangan , dan semua pihak yang terkait dalam kegiatan mensukseskan gawai dayak.

Sambutan ketua FPD (Fron Pembela Dayak, Agustinus . Mengawali sambutannya Ia mengucapkan selamat gawa, puji syukur kepada Tuhan, terimakasih kepada wakil bupati, dan mengucapkan  terimakasih kepada semua pihak yang terkait dalam mendukung serta mensukseskan acara tersebut.

"Ini adalah Gawai Kecamatan Sepauk yang pertama kali diadakan. Semoga kegiatan gawai ini bisa dilaksanakan secara rutin setiap tahun di Kecamatan sepauk ini", kata Agustinus.

"Melalui gawai seperti inilah kita bisa mempersatukan dan menjaga adat, tradisi, dan budaya orang dayak", tambahnya.

Sementara itu orang nomor 1 di Kecamatan Sepauk, Cinghan mengucapkan Selamat Gawai Dayak yang ke- Kecamatan Sepauk. Seta mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang mendukung terlaksananya kegiatan.

"Ini adalah acara gawai kecamatan sepauk yang pertama kali, semoga ini bisa menjadi agenda rutin setiap tahun. Sehingga kita bisa menjaga adat, tradisi, dan budaya khususnya di kecamatan sepauk ini yang terdapat sebanyak 40 Desa", kata Cinghan.

Tidak hanya itu Ia juga menghimbau agar berhati hati dalam menggunakan api mengingat sekarang musim kemarau Jadi rawan kebakaran.

  "Bahwa dari jaman dahulu sampai sekarang adat istiadat dan budaya suku dayak tidak pernah berubah. Serta akan terus dilestarikan ke generasi muda bahkan sampai dunia berakhir", kata Ketua DAD Kecamatan Sepauk, Yusuf Said.

"Lewat acara Gawai Adat Dayak di kecamatan Sepauk ini, kami lembaga DAD  Kecamatan Sepauk dan Temenggung Kecamatan  Sepauk akan mengadakan Musdat (Musyawarah Adat)  mulai besok sampai tanggal 11, Mohon untuk dukungannya kepada kami", pintanya.

Sambutan Ketua DAD Sintang yang diwakili oleh sekretaris DAD  Sintang Herkulanus Roni mengaku secara pribadi,  merasa sangat bangga karna telah dilaksanakan Gawai Dayak di Kecamatan  Sepauk yang pertama kalinya. Serta berharap kegiatan seperti ini akan dilaksanakan setiap tahun. Karna Gawai juga termasuk ciri khas suku Dayak.

"Bagi saya gawai di setiap desa itu tidak jauh berbeda karena intinya bersyukur dan berterimakasih atas hasil panen serta untuk mempertahankan adat tradisi dan budaya", katanya.

Sementara itu, wakil Bupati Sintang Askiman dalam menyampaikan sambutanya untuk mewakili  bupati sintang, berharap gawai ini bukan hanya  yang pertama dan  terakhir.

 "Saya berharap acara ini bisa dilaksanakan tahun yang menjadi agenda rutin. Tujuannya ya tidak lain adalah untuk Bersyukur atas hasil panen, menjaga adat, Tradisi dan budaya Dan tentunya ini juga untuk mempersatukan kita", kata Askiman.

Ia juga menyampaikan permohonaan maaf dari pak bupati karna tidak bisa hadir.

"Marilah kita mewujudkan rasa persamaan dan rasa persatuan kita. Nyatakan dalam hati kita yang lama telah berlalu yang baru telah datang, maka bersatulah kita", ajaknya.

Tidak lupa juga Askiman mengucapkan selamat Gawai Adat Dayak Yang ke-I Kecamatan Sepauk.

Sementara itu anggotan Dewan terpilih Dapil Tempunak Sepauk, Agrianus Mengatakan bahwa Ia juga sangat mendukung kegiatan tersebut, dan mengapresiasi dengan baik atas dilaksanakan gawai.

"Semoga Gawai bisa berjalan dengan baik, lancar, dan sukses seperti yang kita semua inginkan sampai kegiatan selesai. Tanpa ada satupun penghalang. Sehingga adat, budaya, tradisi, dan persatuan kita terjaga", Kata Agrianus.

Serta tidak lupa juga Ia mengucapkan selamat Hari Gawai Adat Dayak  yang pertama Kecamatan Sepauk. (Beni).

Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini