|

Bupati Sintang dukung pelatihan SAR

Sintang (Suara Sintang Raya) -Sekitar ratusan undangan  pada Minggu (24/03/2019) malam  mengahadiri  acara Ramah  Tamah  Pemerintah Kabupaten Sintang dan tokoh masyarakat Kabupaten Sintang dengan Direktur Bina Potensi Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas)- RI Marsekal Pertama TNI  F. Indra Jaya,  yang dihadiri secara langsung  Bupati Sintang dr. Jarot Winarno di Pendopo Bupati Sintang.

Bupati  Jarot Winarno menyatakan, dengan wilayah  luas Kabupaten Sintang 21 ribu kilometer persegi, seluas Provinsi Jawa Barat dengan jumlah sebanyak 391 Desa dalam 14 Kecamatan dengan kondisi sarana transportasi darat dan sungai yang masih cukup sulit ini ditambah dengan kegawat daruratan kebakaran hutan dan lahan, serta sering terjadi banjir juga kecelakaan di sungai  dan sering terjadi  tanah longsor di beberapa daerah  kegiatan  pelatihan Search And  Rescue (SAR)  sangat diperlukan.

“Kami juga telah menetapkan kegawat daruratan infrastruktur dasar  itu salah satu Prime Mover  yang harus kami kerjakan selama lim tahun ini , sehingga berbagai bentuk kejadian  bencana  dan kegawat daruratan selalu kami antisipasi, karena kami belum memiliki kapasitas dan tenaga , dan selama ini hanya memfungsikan  relawan kami  angggota Tagana, serta saudara kita dari  TNI/Polri, sehingga dengan hadirnya Basarnas ini memberikan energy  baru dan warna baru sehingga kami menyambut baik  kehadiran Basarnas, bahkan ingin mengikat  dengan suatu kerjasama  yang tersinergikan, kami memiliki pasukan Sat Pol PP,  Damkar,yang mungkin apabila diberikan training atau pelatihan  dari Basarnas mungkin mereka akan lebih berkwalitas , dan kami juga sudah mengirim sekitar 32 putra-putra Sintang   untuk mengikuti training  di Basarnas, hasilnya cukup bagus,” jelas Jarot.

Menurut  Jarot, kedepan apabila perlu para pegawai  di lingkungan kabupaten  Sintang juga diberikan pelatihan Basarnas , mengingat respon pelatihan ini sangat besar.

"Seperti teman-teman rumah sakit  termasuk  teman-teman dari puskesmas juga ingin dilibatkan dalam pelatihan Basarnas,”ujarnya.

Sementara itu,  Direktur Bina Potensi Basarnas RI  Marsekal Pertama TNI  F. Indra Jaya mengatakan bahwa Pos SAR  yang didirikan  di Kabupaten Sintang , selama ini  masih  terkendala dengan  personil kami yang masih terbatas, hanya sebanyak 8 orang.

"Namun saya sangat berterima kasih  sudah mendapatkan dukungan dari Bupati Sintang , beberapa tenaga honorer yang   akan dilatih menjadi Tim SAR agar bisa membantu para personil  Pos  SAR di Kabupaten Sintang dalam melaksanakan  tugas pencarian dan pertolongan apabila ada  kejadian atau  bencana  maupun kecalakaan di darat, air dan udara,”ungkapnya. 

Penulis: Eko Humas
Editor: Admin

Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini