-->
    |

Sekda Sintang ikuti peringatan Hari Cuci Tangan Sedunia

Sintang (Suara Sintang Raya)- Sekretaris Daerah Sintang, Yosepha Hasnah mengikuti peringatan Hari Cuci Tangan sedunia di SMK Kartini Sintang, Selasa (27/11/2018).

“Kita mengajak semua untuk lebih rajin mencuci tangan dengan sabun. Kita ingin masyarakat kita terutama anak-anak dapat terhindar dari sakit diare, kita ingin masyarakat Sintang yang sehat dan cerdas,” ungkapnya.

Kepada para ibu-ibu PKK sebagai panitia kegiatan ini, salah seorang pemimpin wanita di Sintang  itu mengingatkan bahwa mengupayakan kesehatan anggota keluarga merupakan bagian dari program pokok PKK. Perilaku hidup sehat hendaknya dimulai dari rumah, demikian Yosepha berpesan dalam acara tersebut.

“Kita perlu mengajarkan dan membiasakan anak kita untuk mencuci tangan dengan sabun. Perilaku hidup sehat di rumah tangga niscaya akan berimplikasi pada terwujudnya masyarakat yang sehat pula,” katanya.

Pada kesempatan itu, ketua panitia acara, Eva Maulina menyampaikan bahwa peringatan Hari Cuci Tangan Pakai Sabun Sedunia seyogyanya ditetapkan tanggal 10 Oktober tiap tahunnya. Perignatan ini merupakan sebuah kampanye global yang dicanangkan PBB.

“Tujuan kegiatan ini untuk menegakkan perilaku mencuci tangan dengan sabun oleh masyarakat sebagai upaya untuk menurunkan angka kematian terutama balita, khususnya penyakit yang berkaitan dengan pencernaan, yang masuk lewat mulut, kuman yang hinggap di tangan,” ujar Eva lagi.

Peserta kegiatan ini mencapai 100 orang peserta. Terdiri dari peserta didik TK Dewi Sartika, PAUD dan TK Antonius serta siswa-siswa SMK Kartini Sintang.

“Kita harapkan peserta hari ini dapat menjadi pionir yang dapat menularkan pengetahuan tersebut pada keluarga di rumah,” pesan Eva menutup laporannya hari itu.

Turut hadir pada acara tersebut, Kadis Porapar, Dr. Hendrika, Kadis Kesehatan, dr. Harsinto Linoh serta beberapa perwakilan instansi vertikal di lingkungan Pemda Sintang.

Penulis: Rilis Humas Pemda
Editor: Sahadi

Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini