-->
    |

Inilah pengamanan apel dan kirab Hari Santri Nasional

Sintang (Suara Sintang Raya) - Ribuan santri yang berasal dari sekolah islam dan pondok pesantren Darul Ma'arif di Kabupaten Sintang menggelar kirap Hari Santri Nasional (HSN) 2018, Sabtu (27/10/18).

Sebelum melakukan kirab, para santri dari sekolah islam berkumpul di Ponpes Darul Ma'arif guna mengikuti apel Hari Santri Nasional yang dipimpin oleh Bupati Sintang dr. H. Jarot Winarno, M.Med.Ph.

Dalam Sambutannya, Bupati Sintang mengucapakan selamat hari santri. Hari Santri Nasional merupakan penghargaan tertinggi  dari pemerintah untuk para ulama dan santri karena jasa - jasanya pada masa kemerdekaan, Kegiatan apel dan kirab santri ini bertujuan untuk mengenang resolusi jihad dan mengenang jasa para ulama dan santri dalam mempertahankan kemerdekaan.

Bupati juga mengharapkan para santri di Kabupaten Sintang dapat menimba ilmu dengan sebanyak - banyaknya demi mengisi kemerdekaan dan menyambut era globalisasi serta mencontoh perjuangan ulama dan santri pada masa perjuangan dulu.

Apel tersebut juga dihadiri oleh jajaran Forpimda Kabupaten Sintang, Kepala Kemenag Sintang dan Ketua MUI serta alim ulama.

Setelah upacara, para santri tersebut berjalan beriringan melakukan kirab menempuh jarak kurang lebih 2 Kilometer dengan membentangkan bendera merah putih sepanjang 100 meter, dengan rute yang dilalui dalam kegiatan adalah (Start) ponpes darul ma'arif,  jalan Pkp. Mujahidin – pasar seroja – Rsud M djoen Sintang– jalan taruna - finish ponpes darul ma'arif Sintang.

Sementara itu, untuk mengamankan kegiatan tersebut, Polres Sintang mengerahkan puluhan personelnya dan mendapat bantuan pengamanan dari anggota Satpol PP, Dishub dan tim pengamanan dari ponpes darul ma'arif Sintang.

Penulis  : Imam
Editor    : Sahadi
Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini