-->
    |

Bupati Sintang lantik 27 Kades hasil Pilkades serentak 2018

Bupati Sintang Jarot Winarno melantik kepala desa 
Sintang (Suara Sintang Raya) - Sebanyak 27 Kepala Desa terpilih dari 13 Kecamatan di Kabupaten Sintang hasil Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak yang di helat 25 Juli 2018 lalu resmi dilantik Bupati Sintang dr. H. Jarot Winarno,M.Med.PH di Aula Pendopo Bupati Sintang Rabu (26/9/18) pagi.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut unsur Forkopimda Kabupaten Sintang, unsur Organisasi Perangkat Daerah Kabupaten Sintang, Camat se-Kabupaten Sintang dan unsur terkait lainnya.

Dalam kesempatan itu Jarot mengatakan dalam rangka penyelenggaraan otonomi desa sebagai wujud upaya mengatur dan mengurus rumah tangga desa, maka desa memiliki kewenangan berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku, sehinga di butuhkan kepemimpinan Kepala Desa yang mumpuni , yang memahami kebutuhan desa serta masyarakat sekitarnya.

“Saya berpesan kepada para kades terpilih ini harus memahami tugas,fungsi dan wewenangnya dimana salah satu titik beratnya yakni mereka harus mampu menjalankan tugas penyelenggaraan pemerintahan desa bagaimana dia mampu menyusun APBDdesa, bagaimana dia mampu membina kewilayahan termasuk kepala dusun dan BPDnya,”pesan Jarot.

Selanjutnya jelas Jarot bahwa para Kepala Desa juga harus mampu memahami tugas dalam hal kemasyarakatan yakni dimana sebagai pimpinan desa harus bisa melibatkan masyarakat dalam setiap keputusan untuk membangun desanya baik sejak tahap perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi dan juga tugas-tugas lainnya sebagai pimpinan di desa.

 “Nomor satu yang paling penting adalah meraka harus berkoodinasi dengan BPD sebagai mitra utama desa, karena sering terjadi masalah di desa kalau BPD dan Kepala Desanya tidak kompak, yang selanjut juga harus mampu berkoordinasi dengan para pihak yang membantu membangun desanya seperti pendamping lokal desa, pendamping desa, konsultan pendamping desa dan  juga harus sering-sering koordinasi dengan kecamatan,”pintanya.

Selain itu, dalam menghadapi pemilu umum baik legislatif maupun prisiden 2019 mendatang, Jarot berpesan kepada kepala desa terpilih harus mampu bersikap netral dan tidak memihak kepada salah satu calon baik itu legislatif maupun Presiden.

Sementara itu Ketua DPRD Sintang Jefray Edward berharap para Kades terpilih ini harus mampu bekerja dengan baik sesuai dengan tugas dan fungsinya, terlebih menuruntnya Pemerintah Desa merupakan ujung tombak pembangunan negara di segala bidang baik itu ekonomi, stabilitas keamanan dan lainnya.

“Saya mengucapkan selamat kepada para kades yang lantik pada hari ini, saya yakin mereka ini orang-orang pilihan yang di pilih oleh masyarakat secara demokrasi,”kata Jefray.

Tambah Jefray bahwa sesuai dengan fakta integritasnya para kades tersebut juga harus menjaga diri supaya bersih dalam menjalankan roda pemerintahan di tingkat desa.

"Harus mampu mengawasi dan melaksanan pembangunan di tingkat desa dengan baik dan harus mendukung program-program pemerintah yang telah di tetapkan melalui APBD,"tegasnya.

Penulis: Humas Pemkab Sintang
Editor: Kundori
Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini