|

Hadiri HANI, Sekda Pesan dengan ASN jangan Coba-coba Gunakan Narkoba

Sintang (Suara Sintang Raya) -  Sekretaris Daerah Kabupaten Sintang Dra. Yosepha Hasnah, M.Si menghadiri peringatan Hari Anti Narkoba Internasioanal Tingkat Kabupaten Sintang Tahun 2018 di halaman Kantor Bupati Sintang, Kamis (12/7/18) pagi yang di pimpin Kapolres Sintang AKBP. Sudarmin dan turut di hadiri unsur forkopimda Kabupaten Sintang, Organisasi Perangkat Daerah Kabupaten Sintang, Aparatur Sipil Negara Kabupaten Sintang, TNI, Polri, Pelajar, mahasiswa dan unsur terkait lainnya.

Melalui kesempatan dan momentum peringatan Hari Anti Narkoba Internasional tersebut Yosepha Hasnah mengingatkan Aparatur Sipil Negara di Kabupaten Sintang agar tidak mencoba-coba menggunakan obat-obat terlarang atau Narkoba serta sejenisnya, untuk itu pihaknya secara intensif melakukan pengawasan terhadap ASN di Kabupaten Sintang.

“Karena kalau ada atau di ketahui ada yang menggunakan narkoba tentu kita akan mengambil sikap yang tegas bahkan hingga pemecatan pun akan kita lakukan, kerena memang ini pernah kita lakukan juga kalau memang terdeteksi atau di ketahui yang bersangkutan terkena narkoba,”kata Yosepha.

Selain melakukan pengawasan, Yosepha menjelaskan bahwa pihaknya juga melakukan sosialisasi di internal bagi para ASN di Kabupaten Sintang bekerja sama dengan BNN Kabupaten Sintang yang di laksanakan setiap tahunnya seperti test urin.

“Kemudian juga menghimbau masyarakat, anak-anak muda, pelajar terutama yang memang masih usia rentan kita tidak henti-hentinya menghimbau mereka agar menghindari bahaya narkoba, karena ini bukan hanya merusak, tapi ini sangat menjadi perhatian negara dan juga pemerintah daerah,”jelas Yosepha.

Sementara itu Kapolres Sintang AKBP Sudarmin mengatakan dalam upaya mencegah penggunaan dan peredaran narkoba pihaknya melakukan berbagai langkah seperti melakukan koordinasi dengan Pemerintah Daerah dan BNN dengan membentuk tim dan di samping itu masing-masing instansi juga harus melakukan langkah-langkah tersendiri.

“Kalau kami dari polres tentu langkah pertama adalah kami akan membersihkan anggota dengan melakukan test urin, jika itu terbukti apa itu positif,apa dia pengedar tentu ada sanksi pidana hingga pemecatan,”kata Sudarmin.

Selain melakukan koordinasi dengan pemerintah daerah dan BNN, jelas Sudarmin bahwa pihaknya juga melakukan langkah door to door ke masyarakat untuk memberikan pemahaman tentang bahayanya narkoba dan melakukan upaya preventif seperti menjelaskan tentang ancaman serta sanksi apabila ada masyarakat yang menggunakan atau menjadi peredar narkoba.

“Kami berharap masyarakat memberikan dukungan dan informasi terkait dengan kegiatan-kegiatan yang mungkin mengarah kepada indikasi penyalahgunaan narkoba sehingga dengan infromasi itu di samping karena kekurangan personil kita, kita bisa mengambil langkah-langkah upaya penindakan dan pencegahan segingga generasi muda rusak oleh karena narkoba,”tutup Sudarmin.

Usai pelaksanaan upacara Peringatan Hari Anti Narkoba Internasional tersebut, Sekretaris Daerah Kabupaten Sintang Yosepha Hasnah menyerahkan sertifikat tanah hibah dari Pemerintah Kabupaten Sintang untuk membangun kantor BNN Kabupaten Sintang yang di terima langsung Kepala BNN Kabupaten Sintang Agus Akhmadin.

Penulis: Humas Setda Sintang
Editor: Kundori
Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini