-->
    |

Tutup Gala Desa, Jarot : Ini Program Revolusi Mental Dari Bawah




SINTANG (Suara Sintang Raya) Olah raga Gala Desa merupakan gerakan revolusi mental dari bawah, revolusi mental yang ingin membentuk bangsa Indonesia yang berkarakter, punya kepribadian, berdaulat dan mandiri. Demikian diungkapkan Bupati Sintang Jarot Winarno di lapangan sepak bola Desa Merpak, Kecamatan Kelam Permai, saat menutup rangkaian pertandingan olah raga Gala Desa di Kabupaten Sintang, Provinsi Kalimantan Barat, tahun 2017, Sabtu (11/11/2017).

Partai final cabang sepak bola antara Desa Jetak melawan Desa Baning Panjang menjadi pertandingan pemungkas olah raga Gala Desa di Kabupaten Sintang.
“Saya percaya bahwa revolusi mental medium yang terbaik adalah dengan kegiatan olah raga,” kata Jarot.

Diungkapkan Jarot, revolusi mental yang mulai dari bawah, yakni dari desa, merupakan program brilian dari Kemenpora. Olah raga Gala Desa di seluruh Indonesia, antar desa dengan berbagai cabang pertandingan olah raga semakin mempererat silaturrahim.

“Kita berkompetisi pada beberapa cabang olah raga, tujuannya adalah untuk meningkatkan kesatuan dan kesatuan,” tegasnya.

Jarot mengatakan, dalam kegiatan olah raga mengutamakan persaudaraan, persatuan, kesatuan, jiwa sportivitas. Kalah atau menang merupakan hal biasa. “Tadi, semua sudah menunjukan pertandingan yang seru, sehingga pertandingan berjalan dengan lancar dan baik,” ucapnya.

Jarot menambahkan, Gala Desa juga berguna untuk meningkatkan karakter, membentuk jiwa yang sehat.  Jarot mengutip ungkapan dalam bahas latin mens sana in corpore sano. Artinya, di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat.

Kepala Dinas Pemuda Olah Raga dan Pariwisata Kabupaten Sintang, Hendrika, mengatakan kegiatan Gala Desa dihelat sejak 21 hingga 11 November 2017. Pelaksanaan berjalan sukses, tertib, aman dan lancar. Pertandingan yang dihelat dalam kegiatan Gala Desa yakni sepak bola, di ikuti 21 tim,,volly ball putra 28 tim, volly ball putri 18 tim, bulutangksi putra 16 peserta, bulutangkis putri 12 peserta, sepak takraw 20 tim, tenis meja putra 22 peserta, tenis meja putrri 8 peserta, atletik 53 peserta, atletik putri 60 peserta.

“Kegiatan gala desa ini merupakan program Kementrian Olah Raga RI. Kita mengucapkan terima kasih kepada Kementerian Olah Raga RI, yang telah memberikan kepercayaan kepada Kabupaten Sintang untuk menyelenggarakan Gala Desa tingkat Provinsi Kalbar,” pungkasnya. (rilis/din)


Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini