-->
    |

Polisi Awasi Dana Desa, P-ABDESI Sintang Minta Kades Hati-Hati

BERTOLOMIUS RUPIYANTO
SINTANG (Suara Sintang Raya) -  Ketua Perkumpulan Asosiasi Perangkat Desa Seluruh Indonesia (P- ABDESI) Kabupaten Sintang, Bertolomius Rupiyanto mengatakan dengan adanya kepolisian terjun langsung mengawasi dana desa dan sebagai lembaga yang diawasi, harus patuh dengan kebijakan pemerintah pusat.

"Namun secara pribadi selaku Kades juga Ketua P- ABDESI Sintang sangat menganjurkan untuk teman-teman kades  dapat  berhati-hati dalam penggunaan dana ini, walaupun tanpa diawasi oleh pihak berwajib,"ungkapnya di Sintang,Kamis (2/11).

Menurutnya, dana desa  sendiri adalah  anggaran yang harus digunakan untuk melakukan pembangunan di desa sendiri dan dapat dipertanggung jawabkan penggunananya.

“Setiap penggunaaan dana desa harus bisa dipertanggung jawabkan,” tegasnya.

Pada prinsipnya ia kurang setuju dengan adanya kebijakan seperti ini tetapi sudah menjadi keputusan pemerintah pusat dan tidak bisa di intervensi lagi.

"Saat ini  banyak  sekali   Kades yang mengeluh dan menolak tentang program ini. Karena dianggap program seperti ini  kurang efektif dan menjadi beban setiap perangakat desa khususnya kepala desa sendiri, "ungkapnya.

Ia mengharapkan dengan adanya pengawasan yang menerjunkan langsung pihak kepolisian dapat memberikan dampak positif agar kepala desa bisa berkerja dengan baik dan meminimalisir kebocoran uang negara.

"Karena uang pemerintah harus Tepat guna dan sasaran,” tukasnya(ucok).

Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini