|

Media Diminta Dukung KLA


www.suarasintangraya.com. SINTANG – Media dinilai memiliki peran strategis dalam mendukung terwujudnya kabupaten/kota layak anak (KLA). Karena itu, media atau perusahaan pers harus memahami indikator KLA. Demikian diungkapkan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) Sintang, Kartyus, saat membuka workshop membangun peran media dalam mendukung capaian kabupaten layak anak, Selasa (17/10/2017).

Workshop berlangsung di aula BAPPEDA Sintang, diinisiasi oleh Wahana Visi Indonesia. Selain para awak media di Sintang, turut hadir pula sejumlah awak media dari Kabupaten Melawi.

Kartyus menjelaskan, mewujudkan KLA tidak bisa dilakukan sendiri, melainkan lintas sektoral. Komponen tersebut ialah pemerintah, dunia usaha, masyarakat dan termasuk media atau perusahaan pers. Bukan tanpa alasan. Kartiyus memaparkan persentase jumlah penduduk Kabupaten Sintang. Dari 403.096 penduduk, 34 persen merupakan anak-anak. Ia tidak ingin dengan persentase jumlah anak yang besar ini, tapi penanganan anak tidak dilakukan dengan serius.

“Apa jadinya kalau anak-anak ini salah urus. Merekalah penentu bangsa ini khususnya Kabupaten Sintang 20 tahun ke depan,” tegasnya.

Kartyus mengatakan, KLA merupakan sistem pembangunan berbasis hak anak melalui pengintegrasian komitmen dan sumber daya pemerintah, masyarakat dan dunia usaha yang terencana secara menyeluruh dan berkelanjutan dalam kebijakan, program dan kegiatan untuk menjamin pemenuhan hak dan perlindungan anak. Kartyus mengharapkan media memiliki komitmen bersama pemerintah menjamin pemenuhan hak dan perlindungan anak.

“Membangun peran media di sini sangat penting. Harapannya supaya apa yang disampaikan kepada publik, khususnya anak-anak, bersifat edukasi yang mendidik,” pungkasnya. (din)



Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini