-->
    |

Kasus DBD di Sintang Dimanfaatkan Oknum

dr. HERY SINTO LYNOH
Sintang (Suara Sintang Raya) - Tingginya kasus Demam Berdarah Dengue DBD di Sintang akhir- akhir ini dimanfaatkan oknum tertentu mendapatkan keuntungan dengan modus menjual abate dan melakukan foging di lingkungan masyarakat yang mengatasnakan asosiasi kesehatan masayarakat dengan cara berbayar.

Padahal abate dan foging telah di sediakan dinas kesehatan kabupaten Sintang secara gratis untuk masyarakat.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sintang dr Hary Sinto Lynoh mengatakan bubuk abate dapat di minta langsung ke puskesmas terdekat secara gratis sedangkan foging secara otomatis akan dilakukan dinas kesehatan untuk lokasi yang terindikasi kasus DBD.

“ Kita harap masyarakat  lebih pintar,  dinas kesehatan tidak pernah menawarkan foging dan bubuk abate kerumah- rumah dengan cara membayar,” ungkapnya, Selasa (10/10).

Oknum yang menawarkan foging dan abate tersebut mengatasnamakan Asosiasi Kesehatan Masyarakat, Sinto mengatakan pihak Dinas Kesehatan pernah memberikan rekomendasi  organisasi ini.

“Kita juga telusuri hingga ke Pusat Asosiasi ini tapi tidak ada, Mereka meminta bayaran hingga Rp800 ribu untuk sekali foging dan Rp20 ribu untuk sebungkus abate,” tambah Sinto.

Sinto menghimbau masyarakat untuk pencegahan DBD yang paling utama yakni melakukan gerakan 3 M plus yakni mengubur barang barang bekas yang dapat menimbulkan genangan air, menguras bak mandi, menaburkan abate,gerakan ini harus dilakukan serentak oleh masyarakat.

Penulis: Tim Liputan
Editor: Kundori
Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini