|

Jalan Sehat Sadar Pilkada, Jarot : Vox Populi Vox Dei



SINTANG (Suara Sintang Raya) Bupati Sintang Jarot Winarno meminta masyarakat berpartisipasi dalam mensukseskan Pilkada serentak 2018. “Bagi yang sudah memiliki hak pilih, manfaatkan hak pilih itu dengan datang ke Tempat Pemungutan Suara (TPS). Pilih sesuai dengan keinginan sendiri,” kata Jarot saat membuka jalan sehat Sadar Pilkada yang digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sintang, di halaman Indoor Apang Semangai, Minggu (29/10/2017).
Masyarakat Kabupaten Sintang turut serta dalam Pilkada 2018, yakni memilih Gubernur Kalbar. Jarot berharap masyarakat memanfaatkan hak pilihnya dengan baik.
“Partisipasi masyarakat dengan menggunakan hak pilihnya sangat menentukan daerah lima tahun kedepan,” ujar Jarot.
Jarot menggunakan ungkapan Vox Populi Vox Dei “Suara Rakyat Suara Tuhan”. Menurut Jarot, suara rakyat sangat menentukan dalam sistem demkrasi. “Kemajuan suatu daerah atau bangsa di Negara demokrasi, tergantung dari rakyat dalam menggunakan hak pilihnya,” terang Jarot.
Dalam menyikapi Pilkada, Jarot berharap masyarakat saling menghargai. Perbedaan pilihan merupakan hal biasa. “Jangan sampai ribut gara-gara beda pilihan. Pilkada harus berjalan aman dan lancar sehingga pembangunan berkelanjutan dapat terwujudkan,” pesan Jarot.
Ketua KPU Kabupaten Sintang Supranto Aji, mengatakan jalan sehat Sadar Pilkada dilaksanakan serentak di Indonesia. Tujuan untuk mengkampanyekan atau sosialisasi gerakan sadar Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) maupun Pemilihan Umum (Pemilu).
Kegiatan ini adalah bagian dari penguatan penyadaran untuk menyambut pelaksanaan Pilkada 2018 dan Pemilu 2019,” ucapnya.

Supranto menegaskan bahwa gerak jalan sehat Sadar Pilkada/Pemilu bukan agenda sesaat atau seremonial belaka, melainkan pijakan awal untuk membangun gerakan sadar Pilkada/Pemilu secara berkelanjutan.
“Kita menginginkan masyarakat sadar bahwa Pilkada/Pemilu sebagai sarana pelaksanaan kedaulatan rakyat, adalah sesuatu yang penting bagi kehidupan bernegara. Waktu 5 menit dibalik bilik suara berpengaruh pada kebijakan politik selama 5 tahun ke depan,” jelasnya.

Jalan sehat diikuti ratusan masyarakat dari berbagai elemen, seperti pelajar, mahasiswa, organisasi kepemudaan, organisasi kemasyarakatan serta masyarakat umum. (din)


Bagikan:
Komentar Anda

Berita Terkini